Jumat, 15 November 2013

Tahu Bakso Ayam Udang

Oleh-oleh yang lagi happening dari Ungaran (Kabupaten Semarang) adalah Tahu Bakso. Tapi yang digunakan sebagai bahan baksonya adalah daging sapi. Kali ini saya coba praktek tahu bakso dengan daging ayam dicampur udang.
Rasanya ngga kalah enak lho sama tahu bakso yang dibuat dari daging sapi. Selain dibuat camilan gitu aja (dimakan pake cabe rawit atau cocolan sambal kecap/saus sambal), tahu bakso ini juga enak buat campuran bikin sup.



Tahu Bakso Ayam Udang

Bahan 

10 buah Tahu kuning segitiga yang padat (bukan tahu pong)
250 gr daging ayam filet dada dicincang halus
100 gr udang cincang halus
2 butir telu
50 gr tepung tapioka
Garam secukupnya
gula pasir
merica bubuk secukupnya
minyak wijen
1 batang daun bawang iris halus

Bumbu yg dihaluskan
bawang merah dan putih yang dihaluskan

Caranya : 
1. Campur ayam dan udang yg sdh dicincang dengan bumbu halus,merica, gula, garam, kaldu bubuk (jika suka) aduk rata. 
2. Selanjutnya masukkan tepung tapioka, aduk rata kembali,  terakhir masukkan irisan daun bawang aduk kembali sebentar saja. Sisihkan adonan
3. Setelah tahu dibelah buat lubang ditengah nya ( kerok dikit) lalu masukkan adonan ayam udang.  Lakukan sampai habis setelah itu kukus selama 20  - 25 menit hingga matang. Angkat sisihkan biarkan dingin. 
4. Kocok telur kmdn celupkan tahu yg sdh dikukus lalu goreng dengan minyak yg sdh dipanaskan. Goreng sampai kekuningan lalu angkat, tahu ayam udang siap disantap dgn cabe rawit atau saus sambal. Atau bisa juga membuat sambal kecap.


Bon apetite...

0 komentar:

Posting Komentar