Jumat, 07 Februari 2014

Apple Pie

Sudah lama banget nyimpen video dari youtube cara bikin apple pie...sampai hapal, tapi ga kunjung dipraktekkan hehehe...

Akhirnya kemarin pas belanjan bulanan ke supermarket ga sengaja lihat apel malang per kg nya 18.500 (ga tau mahal apa murah nih), langsung kepikiran sama si apple pie.

Menurut resep yang aku baca, kalau mau buat apple pie harus apel yang keras crunchy gitu, jenis yang cocok ya apel malang ini atau kalau nggak apel granny smith. Kalau apel granny smith kayaknya mahal gitu, jadi ini mumpung ada apel malang kenapa ga dicoba? Hehehe...

Bahan-bahannya sebetulnya simple, cuma ada bumbu yang jarang dipakai di snack lain yaitu bumbu spekuk. Bumbu ini biasanya dibuat lapis legit. Tapi karena saya ga begitu suka lapis legit, untuk apple pie ini saya meniru resep dari channel youtube Eugenie Kitchen yang adonan filling apelnya cuma kayu manis bubuk, gula pasir, dan lemon juice. Saya yakin enak, mbak eugenie kan sudah terkenal enak-enak resepnya.

Sementara untuk crust pie-nya, saya memakai resep dari joy of baking (ada web dan channel youtubenya juga).

APPLE PIE

Source: Joy of Baking, Eugenie Kitchen

Bahan:

250 gr Tepung terigu serbaguna (protein sedang, misal segitiga biru)
2 sdm gula tepung
175 gr mentega dingin, potong-potong kotak
1/2 sdt garam
5-7 sdm air es

Bahan isi:

5-7 apel malang yang dikupas kemudian diiris sedang
3-4 sdm gula pasir atau sesuai selera
1 sdm kayu manis bubuk
1 sdt lemon juice
25 gram mentega beku potong kecil
1 sdm maizena

Olesan: 1 kuning telur
Taburan : Gula pasir

Cara membuat crust:
Campur semua bahan, terigu, garam, gula bubuk, dan mentega yang sudah dipotong kecil. Aduk rata dengan pisau pastry atau garpu, aduk terus sampai berbulir-bulir seperti pasir. Jangan menggunakan tangan ya, karena tangan bersifat panas nanti adonannya keras.

Tambahkan air dingin sedikit demi sedikit sampai adonan kalis (jangan kebanyakan air). Setelah jadi bagi 2 adonan. Giling tipis. Letakkan 1 adonan ke dalam cetakan pie. Tekan-tekan dan beri lubang dasarnya menggunakan garpu (ditusuk-tusuk)

Cara membuat isi:
Campur apel iris dengan gula, kayu manis bubuk, dan lemon juice. Aduk rata dan masukkan ke dalam adonan crust yang sudah diletakkan dalam cetakan. Ratakan.

Tutup dengan adonan kedua. Bisa langsung ditutup atau dibuat garis-garis untuk dibentuk anyaman di atas pie.
Setelah ditutup olesi dengan kuning telur dan taburi dengan gula pasir.

Panggang dalam oven kurang lebih 45 menit sampai 1 jam (saya pakai otang dengan api kecil-sedang).Kalau memakai oven listrik kurang lebih 45 menit dengan suhu 180derajat celcius.

Angkat pie, dinginkan dan nikmati. Yuuummm...

Rasa apelnya masih crunchy, ada resep yang bikin fillingnya sampai apel jadi selai, tapi saya suka yang masih ada tekstur apelnya seperti ini. Selera, suka-suka ajah :)

 






1 komentar: